Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Yamaha Resmi Jual Skuter Listrik EC-05, Harganya Bikin Kaget

Skuter listrik Yamaha EC-05.
Sumber :

100kpj – Pabrikan sepeda motor asal Jepang, Yamaha, tidak ingin tinggal diam menyaksikan kompetitornya sibuk melahirkan sepeda motor listrik. Sejak beberapa waktu lalu, mereka tengah mempersiapkan skuter bertenaga seterum canggihnya, yakni EC-05.

Setelah sempat dikenalkan bulan lalu, akhirnya Yamaha mulai menjual skuter bertampang futuristis itu di salah satu negara di kawasan Asia Timur, Taiwan. Namun, kemungkinan untuk dipasarkan secara global sangat terbuka lebar.

EC-05 sendiri merupakan hasil kerjasama antara Yamaha Motor Taiwan dan juga Gogoro Motorcycle. Maka wajar saja, jika tampilan serta komposisi mekanisnya mengadopsi skuter yang telah lama beredar di negera berjuluk Naga Kecil Asia tersebut.

Bahkan, melansir laman Autocarpro, Rabu 3 Juli 2019, mesin yang ditanamkan ke tubuh skuter mungil itu merupakan perangkat yang sama, dengan yang digunakan motor listrik lansiran Gogoro, yakni Gogoro S2.



EC-05 memiliki perawakkan kotak yang mematah di beberapa titik. Lampu utamanya dipasangkan sedikit lebih ke bawah, dengan pelindung menyerupai atap di bagian atasnya. Uniknya, pabrikan memposisikan sepasang sein yang meruncing lebih tinggi dari headlamp, sehingga menambah kesan misterius di sepeda motor.

Yamaha dan Gogoro membekali EC-05 dengan tenaga 10 daya kuda, serta torsi maksimum 26 Newton meter. Pembekalan itu membuat motor bisa melaju hingga 95 kilometer per jam, dengan daya tempuh baterai 100 kilometer sekali charge.

Di Taiwan, calon pesaing Honda PCX Electric itu ditawarkan ke konsumen dengan harga Rp45,7 juta. Targetnya, pabrikan bisa menjual 20 ribu unit di tahun pertama setelah peluncuran. Soal kapan EC-05 masuk ke Indonesia, kita nantikan saja kabar berikutnya.

(Laporan: Septian Farhan Nurhuda)

Berita Terkait
hitlog-analytic