Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mobil Perang Kota Paling Sangar, Maung Dijajal Prabowo, Komodo, Anoa

Prabowo uji coba rantis 4x4 buatan Pindad bernama Maung
Sumber :

100kpj – PT Pindad (Persero) mulai mengembangkan teknologi kendaraan bermotor sejak 1993 melalui program mobil nasional. Kerja sama dilakukan dengan berbagai pihak, baik luar negeri dalam negeri guna kemajuan teknologi dan fungsi kendaraan tempur khusus untuk lokasi konflik maupun perang kota, demi memenuhi kebutuhan pertahanan dan keamanan nasional.

Sejumlah produk kendaraan taktis atau rantis telah diproduksi, seperti Komodo, Panser Anoa yang telah diproduksi lebih dari 300 unit dengan berbagai varian. Kendaraan ini juga sudah ikut dalam misi perdamaian dunia PBB di berbagai negara. Mulai dari Lebanon, Afrika Tengah, dan Sudan.

Penelitian dan pengembangan terus menerus dilakukan untuk mencapai tujuan masa depan untuk meningkatkan kapasitas bisnis dan teknologi. Terbaru, Pindad memproduksi Rantis Maung yang telah dijajal oleh Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto.

Berikut ini sejumlah kendaraan taktis atau rantis yang telah diproduksi oleh Pindad.

1. Anoa 6x6

Varian pertama adalah Anoa 6x6 Mortar merupakan kendaraan tempur yang dilengkapi dengan pelontar mortir 81 mm dengan recoil system. Dilengkapi dengan rak munisi serta atap yang dapat dibuka dan ditutup secara otomatis dengan sistem hidrolis. 

Tipe ini memiliki kapasitas 6 orang personel termasuk pengemudi. Pada dapur pacu, Anoa 6x6 Mortar dilengkapi dengan mesin diesel dengan tenaga 600 HP yang memiliki top speed 80 km/h. 

Berita Terkait
hitlog-analytic