Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ada yang Baru di Car Free Day di Jakarta

Car Free Day Jakarta
Sumber :

100kpjPemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka lagi kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor alias Car Free Day (CFD) di Jalan MH Thamrin dan Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, yang diselenggarakan setiap hari Minggu mulai 21 Juni 2020.

Kegiatan itu dioperasikan lagi setelah selama tiga bulan terakhir ditiadakan karena pembatasan aktivitas sosial di DKI Jakarta untuk pengendalian wabah virus corona. Waktu operasinya hanya mulai pukul 06.00 sampai 10.00 WIB.

Menurut Arifin, Kepala Satpol PP DKI Jakarta mengatakan bahwa pihaknya telah menerjunkan 500 anggota Satpol PP ke Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta. "Mulai dari Patung Kuda Monas sampai Patung Pemuda Senayan, di kiri dan kanan koridor sepanjang jalur itu," tambah Arifin.

car free day jakarta

Tak hanya Satpol PP, Aparat Polisi hingga Dinas Perhubungan mulai bersiaga di sepanjang jalan itu sejak pagi buta. Saat sinar matahari mulai muncul, sejumlah warga mulai berdatangan. Sebagian berjalan, sebagian yang lain bersepeda.

Namun, CFD kali ini berbeda dengan biasanya karena diberlakukan peraturan ketat untuk tetap membatasi jumlah orang di sana, di antaranya larangan bagi mereka yang sakit/kurang sehat, anak-anak, lansia, dan pedagang kaki-lima. Warga yang tidak mengenakan masker diancam denda. Pesepeda disediakan jalur khusus dan mereka yang keluar jalur juga akan didenda.

Sebagaimana dilansir dari akun Twitter @TMCPoldaMetro, tampak seorang petugas memperingatkan dan melarang wanita dengan anak-anak untuk masuk ke area CFD. Mereka sudah mengenakan masker namun petugas tak mau menoleransi mereka.

Berita Terkait
hitlog-analytic