Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

New Normal, Warga DKI Disarankan Naik Bajaj Ketimbang Ojol

Bajaj
Sumber :

100kpj – Dalam waktu dekat, Indonesia bakal menyambut era normal baru atau new normal pada kondisi pandemi Covid-19. Itu tandanya masyarakat bisa kembali berkegiatan namun harus mematuhi sejumlah protokol kesehatan yang berlaku.

Namun dalam praktiknya, masyarakat—terutama di wilayah perkotaan—dihantui ketakutan. Sebab, mereka yang hanya mengandalkan angkutan umum sebagai transportasi harian bakal berbaur dengan penumpang lain. Tentu hal tersebut bisa memicu terjadinya penyebaran virus.

Baca juga: New Normal, Sudahkah Pemerintah Siapkan Transportasi Umum yang Aman?

Menariknya, Pengamat Transportasi sekaligus Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia atau MTI Pusat, Djoko Setijowarno mengatakan bahwa ada satu jenis kendaraan yang dirasa paling aman digunakan warga Jakarta. Yakni, angkutan roda tiga bernama bajaj.

“Pada kendaraan bajaj sangat mudah dipasang sekat permanen, sehingga tercipta jarak sosial (social distancing) karena terpisahnya antara ruang penumpang dan ruang pengemudi,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip Rabu 3 Juni 2020.

Selain itu, ia menilai, kelebihan bajaj lainnya ialah mampu mengangkut penumpang sekaligus barang, serta memiliki rumah-rumah yang menjadikan pengemudi dan penumpang terlindung dari cuaca panas maupun hujan. Sehingga, kendaraan mungil itu bisa dikategorikan sebagai moda angkutan alternatif yang manusiawi.

Berita Terkait
hitlog-analytic