Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

New Normal, Sudahkah Pemerintah Siapkan Transportasi Umum yang Aman?

Suasana penumpang busway
Sumber :

100kpj – Dalam waktu dekat, Indonesia bakal menyambut era normal baru atau new normal pada kondisi pandemi Covid-19. Itu tandanya masyarakat bisa kembali berkegiatan namun harus mematuhi sejumlah protokol kesehatan yang berlaku.

Salah satunya yakni tetap menjaga jarak atau physical distancing. Sebab, saat berada di luar ruangan, kita bakal bertemu orang tak dikenal. Berjauh-jauhan tentu membuat potensi penyebaran virus berkurang.

Baca juga: Waduh, Biaya Pemerintah untuk Pasien Corona Lebih Mahal dari Avanza Baru

Namun dalam praktiknya, masih banyak masyarakat yang saling berhimpitan karena faktor keadaan. Yakni, saat berada di angkutan umum seperti kereta maupun bus kota. Itulah mengapa, keputusan pemerintah memberlakukan new normal sempat ditentang lantaran belum mampu menghadirkan transportasi massal yang aman.

new normal

Dalam keterangan resminya di berbagai media, Ketua Presidium Indonesia Traffic Watch (ITW), Edison Siahaan mengatakan, sejatinya new normal bukan sekadar kondisi yang bisa berjalan tanpa kesiapan matang. Sebab tanpa persiapan, dikhawatirkan bakal terjadi hal-hal tak diharapkan.

“ITW mengingatkan pemerintah tidak hanya fokus pada persiapan pelaksanaan new normal, tetapi juga harus disertai persiapan pelayanan di bidang transportasi dan angkutan umum. Serta mendorong pemerintah dan semua pihak di bidang lalu lintas dan angkutan jalan supaya siap menjelang penerapan new normal atau tata kehidupan baru dalam situasi wabah Covid-19," ujarnya, dikutip Selasa 2 Juni 2020.

Berita Terkait
hitlog-analytic