Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Anies Hapus Ganjil Genap, Polisi: Malah Bikin Macet Sampai Malam

Jalan Raya Jakarta Macet
Sumber :

100kpj – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mencabut sementara sistem lalu lintas ganjil-genap atau gage. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi meluasnya virus corona di kawasan Ibu Kota.

Menurut Anies, dengan penghapusan kebijakan ganjil genap tersebut akan ada pilihan bagi masyarakat Jakarta dalam menggunakan transportasi. Ia berpendapat, masyarakat lebih aman jika keluar menggunakan kendaraan pribadi.

Baca juga: Waspada Penyebaran Virus Corona Melalui Helm Ojek Online

Mantan Menteri Pendidikan Republik Indonesia itu pun menambahkan, kebijakan penghapusan ganjil genap ini belum ditentukan sampai kapan diberlakukan. Pihaknya baru akan membahas kembali persoalan tersebut jika kondisi sudah dalam kategori aman.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Namun seperti dugaan banyak pihak, dihapuskannya aturan tersebut membuat kemacetan terjadi di beberapa jalan protokol di Ibu Kota. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo menyebut, biasanya saat pukul 20.00 ke atas, situasi jalan sudah lengang. Akan tetapi, tanpa aturan gage, situasi menjadi berubah total.

“Faktanya, kita lihat di lapangan, terjadi kepadatan terutama di jalur-jalur protokol. Padahal biasanya, jam 8-9 malam arus lalin sudah longgar. Kemudian saat gage ditiadakan, sampai malam terus terjadi kepadatan,” ujarnya kepada VIVAnews, dikutip Rabu 18 Maret 2020.

Berita Terkait
hitlog-analytic