Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Selain Ganjil Genap, Pengguna Mobil Pribadi Wajib Tahu Aturan Ini saat Mudik Lebaran

Gerbang Tol Cikampek Utama
Sumber :

100kpj – Untuk menekan kemacetan yang akan terjadi saat arus mudik lebaran 2024, atau arus kepulangan, Korlantas Polri sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas sehingga pengguna mobil pribadi perlu tahu aturan tersebut.

Tujuannya agar tidak terjebak di tengah jalan, atau harus memakan waktu lama karena harus mengggu sampai petugas memgembalikan fungsi jalan utama, setelah dilakukan rekayasa baik itu oneway, atau contraflow.

Tol Jakarta-Cikampek macet contraflow

Mudik sudah menjadi tradisi dari tahun ke tahun, masyarakat ibu kota berbondong-bondong pulang ke kampung halaman menjelang Hari Raya Idul Fitri. Dari sekian banyak moda transportasi, mobil pribadi jadi favorit.

Menggunakan mobil saat mudik, atau liburan lebaran dianggap lebih fleksibel, atau tidak repot jika ingin berpindah-pindah tempat. Meski konsekuensinya tidak bisa bawa barang banyak, dan menguras tenaga.

Mengingat jumlah pemudik, terutama pengguna mobil pribadi akan meningkat berdasarkan prediksi Kementerian Perhubungan, maka Korlantas Polri sudah mempersiapkan pelbagai aturan, mulai dari ganjil genap, contraflow, oneway, hingga menbatasi truk melintas di waktu tertentu. 

Melalui keterangan TMC Polda Metro Jaya, rekayasa lalu lintas selama mudik lebaran tahun ini mulai berlaku di ruas Jalan Tol Trans Jawa, artinya bukan hanya ganjil genap yang diterapkan untuk mencegah kemacetan.

Berita Terkait
hitlog-analytic