Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ternyata Nama Avanza dan Xenia Bukan Berasal dari Jepang

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia dalam kondisi bekas
Sumber :

100kpj – Toyota Avanza dan Xenia adalah mobil yang sangat populer di Indonesia, sejak pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2003 silam, mobil bergenre Low MPV (Multi Purpose Vehicle) ini terus mendapat perhatian masyarakat hingga menjadi kendaraan fenomenal.

Tak heran jika kedua mobil ini punya julukan di masyarakat bagi kdua mobil ini, yup mobil ini sering disebut mobil sejuta umat. Tak heran jika kecintaan masyarakat terhadap mobil ini begitu besar, pasalnya nilai fungsional yang ditawarkan keduanya berbanding lurus dengan kebutuhan konsumen Indonesia pada umumnya.

Bisa membawa banyak penumpang (7-seater), harga terjangkau, mesin ‘bandel’, irit serta minim perawatan merupakan strong selling point yang membuat ‘dynamic duo’ ini sangat disukai.

Hal tersebut diakui oleh PT Toyota Astra Motor atau TAM sebagai agen pemegang merek Toyota di Tanah Air yang membeberkan rahasia sukses mengapa Avanza tetap diminati banyak konsumen meski pesaing baru terus bermunculan. Menurut Executive General Manager TAM, Franciscus Soerjopranoto, salah satu kuncinya ialah tampilan, fitur, serta spesifikasi mobil yang ‘sangat Indonesia’.

"Kenapa Avanza bisa terus leading dan diminati? Karena Avanza itu ciri khasnya mobil kustomer Indonesia. Pecahannya dari Kijang. Ground clearance-nya tinggi, 7-seater, dan punya penggerak roda belakang. Kuda beban," tambahnya.

Selain itu, keduanya lahir bersamaan, sehingga memiliki mesin dan tampilan yang hampir sama. Kalau pun ada yang berbeda perbedaannya terlihat pada grille, interior, dan beberapa fitur yang tersemat.

Pertama kali muncul, Toyota Avanza memang diproduksi berbarengan dengan Xenia di pabrik Daihatsu. Tapi tak sembarangan, produksi Avanza oleh pabrik Daihatsu itu sudah sesuai dengan restu dari prinsipal di Jepang. Baik Avanza yang dijual di dalam negeri maupun luar negeri semuanya diproduksi oleh Daihatsu.

Berita Terkait
hitlog-analytic