Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tumbuh 15%, Pasar ini yang Dibidik Mobil China di Indonesia

Blind Van
Sumber :

100kpj – Pabrikan mobil China tampaknya semakin serius dalam bertarung dengan pabrikan mobil Jepang, buktinya perusahaan otomotif asal Negeri Tirai Bambu ini masu ke Indonesia bukan hanya menyuguhkan produk yang punya kualitias, serta layanan purna jual yang serius. Tapi telah membidik pasar yang nantinya akan menjadi pundi-pundi uang, dari hasil penjualannya.

Seperti pasar kendaraan komersial, di Indonesia pasar tersebut tergolong sangat luas dan memiliki pangsa pasar yang cukup besar setiap tahunnya untuk mendorong pertumbuhan otomotif nasional.

Makanya DFSK sebagai produsen otomotif kenamaan di Tanah Air, melihat ada sejumlah segmen yang belum dimaksimalkan untuk mendorong pertumbuhan bisnisnya dari tahun ke tahun.

DFSK melihat adanya sebuah pertumbuhan yang cukup konsisten dan ceruk pasar yang cukup cerah untuk kendaraan Minibus & Blind Van. Bahkan bila melihat data yang dikeluarkan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), kedua segmen ini tetap mengalami pertumbuhan meski secara keseluruhan pasar otomotif nasional mengalami kelesuan hampir 11%.

Bila dirinci penjualan minibus di 2019 mencapai 18.300 unit dan mengalami pertumbuhan 2 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Kemudian penjualan di segmen blind van mencapai 9.600 unit dan mengalami pertumbuhan signifikan mencapai 15%. Pertumbuhan ini yang kemudian memotivasi DFSK untuk melakukan ekspansi bisnis di segmen kendaraan komersial yang sebelumnya baru mencakup di ceruk pikap ringan.

Peluang DFSK untuk masuk dan mengembangkan bisnis di segmen Minibus & Blind Van semakin terbuka lebar karena tidak banyaknya pemain di kedua segmen ini. Sehingga masuknya DFSK ke segmen ini akan membuat konsumen semakin banyak pilihan untuk membeli kendaraan yang sesuai dengan kebutuhannya dan daya belinya.

Menurut survey yang dilakukan oleh internal DFSK menunjukan, penggunaan model Minibus oleh konsumen di Tanah Air bisa menjadi dual purpose. Yang pertama, Bagi konsumen perseorangan cenderung menggunakan kendaraan minibus sebagai kendaraan penumpang sebanyak 60% dan sisanya 40% digunakan untuk keperluan angkut barang. Lain halnya dengan konsumen corporate atau perusahaan, sebanyak 60% minibus digunakan untuk keperluan mengangkut barang dan 40% nya sebagai kendaraan penumpang.

Berita Terkait
hitlog-analytic