Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Main HP Penyebab Terbesar Kecelakaan, Lebih Bahaya dari Mabuk

Ilustrasi berkendara main HP
Sumber :

100kpj – Handphone tidak bisa dihilangkan dari kehidupan manusia, bahkan menjadi kebutuhan pokok karena menjadi sumber informasi. Namun masih banyak yang kurang bijaksana dalam menggunakannya, salah satunya ketika mengendarai mobil. 

Mengoperasikan handphone saat mengendarai mobil dilarang karena dapat memecah kosentrasi. Jika kosentrasi atau fokus pengemudi hilang, dikhawatirkan terjadi kecelakaan. Sebab bermain HP menjadi salah satu penyebab terbesar kecelakaan.

Baca juga: Hati-Hati Main HP Sambil Mengendarai Mobil Kena Denda Rp10 juta

Penelitian yang dilakukan Governors Highway Safety Association (GHSA) di Amerika Serikat, menyebut bahwa penggunaan ponsel saat mengendarai mobil seperti menelepon dan SMS, menjadi salah satu penyebab terbesar kecelakaan di jalan.

Bukan hanya itu, menurut dari beberapa sumber hasil penelitian lainnya juga mengungkapkan bahwa menggunakan gawai saat berkendara, menjadi salah satu dari empat penyebab kecelakaan lalu lintas yang umumnya terjadi di dunia.

Melansir dari situs resmi Nissan Indonesia, banyak orang beranggapan bahwa penggunaan HP yang menbutuhkan tangan dalam mengoperasikannya adalah penyebab utama kecelakaan. Sebab Anda harus melepas salah satu tangan dari setir.

Berita Terkait
hitlog-analytic