Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mengenal Boeing X-51 Scramjet, Pesawat Tempur Tercepat di Muka Bumi

Boeing X-51 Scramjet
Sumber :

100kpj – Setiap pesawat tempur yang digunakan angkatan udara suatu negara, pasti memiliki keunggulan di beberapa sektor. Misalnya, kemampuan  menyerang, bertahan, ataupun melaju cepat bagaikan kilat.

Dalam perkembangannya, pertempuran udara juga memerlukan manuver agresif serta kecepatan laju di atas rata-rata. Tujuannya, untuk menghalau pesawat lain yang masuk ke garis perbatasan. Itulah mengapa, perusahaan dirgantara dunia berlomba-lomba membuat jet tempur tercepat di muka bumi.

Baca juga: 5 Jet Tempur Tercepat Sepanjang Masa, Ada yang Tembus 6.400 KM/H

Dilansir dari laman Airforce Technology, Rabu 12 Februari 2020, jet tempur tercepat di dunia saat ini merupakan Boeing X-51 Scramjet buatan Amerika Serikat. Pesawat demonstrasi tanpa awak itu menyelesaikan penerbangan pertama pada 26 Mei 2010, dan mencapai penerbangan durasi terpanjang pada kecepatan hampir 6.400 kilometer per jam.

pesawat tempur

X-51 Scramjet sendiri merupakan model pesawat yang dikembangkan Boeing Integrated Defence Systems bersama Defence Advanced Research Project Agency (DARPA), Pratt & Whitney Rocketdyne, dan juga NASA. Maka pantas saja jika jet tempur ini memiliki spesifikasi yang sedemikian hebat.

Dalam uji cobanya, pemerintah Amerika Serikat harus mengeluarkan biaya besar hingga US$7,7 juta atau setara Rp1,07 triliun. Pesawat itu beberapa kali mengalami kegagalan lantaran dipacu terlalu kencang, bahkan lapisan terluar tubuhnya sampai terbakar. Itulah mengapa, Boeing memasangkan pendingin khusus di bagian tersebut.

Berita Terkait
hitlog-analytic