Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Cara Jitu Agar Velg Sulit Dicuri, Dijamin Bikin Maling Keringet Dingin

Pencuri Ban di Rest Area
Sumber :

100kpj – Jika biasanya spion mobil yang jadi incaran maling diparkiran, kini komponen yang dicuri nilainya lebih besar. Ya, baru-baru ini pencurian velg mobil tengah viral terjadi di area parkir salah satu pusat perbelanjaan di kawasan Bekasi, Jawa Barat.

Dalam video berdurasi 1 menit 20 detik itu, memperlihatkan pengguna Toyota Rush baru tipe G tersebut terkejut ketika roda belakang sisi kanan hilang digondol maling. Padahal mobil parkir di ruang terbuka yang mudah dijangkau petugas keamanan.

Belajar dari kasus tersebut, ternyata ada cara jitu agar velg mobil sulit dicuri. Bahkan bisa bikin maling keringet dingin untuk membuka velg tersebut. Seperti yang disampaikan Diler Technical Support PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi.

“Di aftermarket itu ada yang jual mur roda yang punya pola khusus. Sehingga dibuka oleh kunci khusus, biasanya dijual 4 pis, dan dipasang 1 pis untuk setiap roda,” ujarnya kepada 100KPJ, Jumat 31 Januari 2020.

Ban Mobil

Hal senada disampaikan Community Manager HSR Wheel Aldhy Rais. Dia mengatakan, caranya memang menggunakan baut aftermarket. Jadi pola baut tersebut berbeda dengan kunci shock yang beredar di pasaran, maka saat pembelian baut itu sudah mendapatkan kunci khusus.

“Penempatan baut dengan pola berbeda itu tidak untuk semuanya, misalnya dari 4 baut hanya 1 yang digunakan. Soal harga, berbeda-beda tergantung dari bahannya tapi rangenya mulai dari Rp350 ribu sampai Rp1 juta,” tuturnya kepada 100KPJ.

Berita Terkait
hitlog-analytic