Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Hal-hal yang Perlu Diketahui Sebelum Ganti Pelek Mobil

velg mobil Honda
Sumber :

100kpj – Bagi pemilik mobil pastinya ingin sekali memodifikasi kendaraannya. Yang paling mudah adalah mengganti pelek ke yang lebih kece ketimbang pelek standar bawaan dari pabrik.

Biasanya para pemilik mobil menggantinya dengan produk aftermarket. Saat ini pilihan model, diamater, sampai mereknya pun beragam. Akan tetapi, mengganti komponen standar dengan produk aksesori juga tak bisa dilakukan sembarangan.

Selain ukuran peleknya, PCD atau Pitch Center Diameter harus diperhatikan juga. PCD adalah ukuran diameter lingkaran yang melewati bagian tengah dari semua baut pengunci di roda mobil.

Ketika berencana memakai barang aksesori, tips otomotif bagi pemilik, yakni harus mengetahui terlebih dulu ukuran diameternya, serta sesuaikan dengan jumlah baut pengunci tersebut. Hal tersebut untuk memastikan pelek bisa terpasang dengan baik pada dudukannya.

Pemilik mobil tak perlu repot menambahkan bantalan ketika menggantinya dengan produk aftermarket hingga kondisi saat roda berputar lebih aman. Menariknya, saat ini produsen pelek menyiapkan dua ukuran PCD, salah satunya dari merek lokal HSR Wheel.

Mengutip dari VIVA Otomotif, biasa diistilahkan sebagai dual PCD. Sebagai ilustrasi, ukuran dual PCD biasanya dituliskan 8×100-114. Ini bisa diartikan, pelek tersebut bisa dipasangkan pada dudukan roda kendaraan dengan empat baut pengunci 4×100 dan juga ukuran PCD 4×114.

Berita Terkait
hitlog-analytic