Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Menhan Prabowo Mau Jor-joran Beli Jet Tempur, Sri Mulyani Bilang Gini

Sri Mulyani dan Prabowo Subianto
Sumber :

100kpj – Pemerintah Indonesia melalui Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto berencana memperkuat pertahanan udara dengan membeli 48 unit jet tempur buatan Perancis, Rafale Dassault.

Menurut sumber internal di laman berita lokal La Tribune, pembelian ini bakal diwujudkan dalam kesepakatan antar-pemerintah Perancis dan Indonesia yang diharapkan bisa dicapai dalam waktu dekat. Soal harga, Aircraftcompare menyebut banderol satu unit Rafale berkisar US$115 juta atau setara Rp1,6 triliun.

Baca juga: Prabowo Lebih Pilih Jet Rafale Ketimbang Sukhoi-35, Keputusan Brilian?

Artinya, untuk mendaratkan 48 unit jet tempur Perancis itu ke Indonesia, pemerintah diwajibkan merogoh kas negara hingga Rp72 triliun. Suatu angka yang cukup tinggi, mengingat Sukhoi SU-35 yang sebelumnya dipesan Indonesia hanya berada di angka Rp910 miliar per unitnya.

Jet tempur Rafale buatan Prancis.

Rencana Prabowo membelanjakan banyak uang untuk membeli jet tempur rupanya mendapat sorotan dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani. Menurut mantan direktur Bank Dunia tersebut, pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) di Tanah Air memang perlu, namun dalam prosesnya harus dilakukan dengan efisien dan sesuai perencanaan yang matang.

"Kemenhan anggarannya berasal dari rupiah murni yang diambil dari pajak, pinjaman dalam negeri dan pinjaman luar negeri. Banyak peralatan militer kita dibeli dari luar negeri," ujarnya melalui akun Instagram pribadi, dikutip Selasa 28 Januari 2020.

Berita Terkait
hitlog-analytic