Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mengerikan, Begini Kemampuan Kapal Siluman Incaran Menhan Prabowo

Kapal selam Scorpene asal Perancis
Sumber :

100kpj – Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto digadang-gadang tertarik memboyong 48 jet tempur Dassault Rafale dan 4 kapal selam Scorpene buatan Perancis. Hal itu terkuak saat Prabowo bertandang ke perusahaan alutsista Perancis pada 11-13 Januari 2020.

Namun untuk memboyong alat pertahanan tersebut ke Tanah Air masih dalam tahap pertimbangan, karena Presiden Joko Widodo akan menggelar pertemuan terbatas dengan Prabowo pekan depan di Surabaya, Jawa Timur sebelum mengimpor alutsista itu.

Selain jet tempur, kapal selam Scorpene juga tak kalah menarik. Sebab dengan kemampuan yang dimiliki kapal selam tersebut, diharapkan dapat membantu menjaga laut Indonesia yang sangat luas, diketahui saat ini Indonesia hanya memliki lima kapal selam.

Menurut beberapa sumber, kapal selam hasil kolaborasi perusahaan DCNS Perancis dan produsen kapal Sanyol Navantia itu dapat mengangkut 31 orang, dan 9 tim pengawas. Ruang kabin juga dilengkapi AC, enam tempat tidur lipat dan sistem keamanan.

Kapal selam Scorpene asal Perancis

Salah satu sistem keamanannya, kapal selam tersebut dapat menahan serangan torpedo dan rudal dari dalam laut atau permukaan. Dan berkat penanaman teknologi stealth alias senyap, musum tidak akan mudah mendeteksi kapal Scorpen seperti siluman.

Melansir Navaltechnology.com, untuk keperluan perang kapal selam tersebut didukung 18 unit torpedo Blacshark yang dapat diluncurkan dari kedalaman air, dan 30 ranjau. Selain itu, didukung manajemen kontrol yang canggih untuk mengendalikan kapal saat bertugas. 

Berita Terkait
hitlog-analytic