Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tawaran Menhan Prabowo Tembus, Filipina Borong Tank Harimau Pindad

Medium tank Pindad

100kpj – Filipina menjadi salah satu negara yang merasa puas setelah membeli alutsista buatan Indonesia. Saat itu Filipina memboyong kapal perang Strategic Sealift Vessel buatan industri galangan kapal nasional Indonesia atau PT PAL (Persero), Surabaya.

Berawal dari situ lah, Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto menawarkan medium tank buatan Pindad kepada Filipina di sela-sela pertemuan ASEAN Defence Ministers Meeting (ADMM) Retreat and 6th di Bangkok, Thailand pada November 2019.

Kemudian tanpa menunggu waktu lalu, tawaran Prabowo pun diterima. Di tahun ini Filipina akhirnya memutuskan untuk memboyong medium tank modern buatan Pindad yang bernama Harimau, seperti yang disampaikan Wakil Menhan, Sakti Wahyu Treenggono.

Sakti mengatakan, salah satu prospek yang sudah dieksekusi saat ini adalah tank yang dibeli oleh Filipina dari produk Pindad. Dan yang lebih besar lagi adalah Gahan dan beberapa negara Afrika yang tertarik dengan perlengkapan senjata dan alat pertahan lainnya.

Medium Tank Pindad

Terkait soal jumlah tank yang dipesan oleh Filipina, dirinya belum bisa menjelaskan lebih detil, begitu juga dengan harga satuannya. “Jumlahnya saya nanti perlu cek,” ujarnya kepada wartawan di kantor Kemenhan, Jakarta Pusat, Rabu 22 Januari 2020.

Seperti diketahui, tank medium tersebut adalah program kerjasama antara pabrikan Turki FNSS dan pabrikan Indonesia PT Pindad. Kendaraan tempur berukuran sedang itu disebut Harimau Hitam atau Kaplan MT yang dirilis Oktober 2017 lalu di Cilegon, Banten saat hari ulang tahun TNI.

Berita Terkait
hitlog-analytic