Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pabrik Hyundai di Cikarang Bakal Jadi Tempat Produksi Mobil Kia?

Ilustrasi pabrik mobil Kia
Sumber :

100kpj – Tahun lalu Hyundai Motor Company resmi menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) dengan pemerintah Indonesia terkait pembangunan pabrik baru di kawasan industri Deltamas, Cikarang, Jawa Barat.

Pusat manufaktur seluas 77,6 hektar itu menjadi yang pertama di kawasan Asia Tenggara. Nilai investasi yang dikucurkan menyentuh angka US$1,55 miliar atau setara Rp21 triliun lebih. Nominal tersebut termasuk biaya operasional dan juga pengembangan produk.

Proses pembangunan pabrik sudah dimulai sejak Desember 2019, dan diharapkan sudah bisa produksi massal pada paruh kedua 2021 dengan kapasitas 150 ribu unit. Sementara untuk kapasitas penuhnya dapat memproduksi hingga 250 ribu unit per tahun.

Nantinya, pabrik Hyundai di Cikarang akan digunakan untuk memproduksi beberapa jenis mobil. Mulai dari SUV kompak, MPV kompak, dan beberapa model sedan yang dirancang khusus untuk pasar di Asia Tenggara, serta menggabungkan ragam fasilitas seperti pengelasan, stamping, perakitan, dan juga pengecatan.

Pabrik KIA di Slovakia

Dengan adanya pabrik tersebut muncul pertanyaan, apakah Kia yang kini berada di bawah naungan Indomobil Group melalui anak perusahaannya PT Kreta Arta Indo akan memanfaatkan pabrik Hyundai untuk memproduksi mobilnya?

“Untuk CKD tergantung dengan volume penjualan, tentu kita akan mempunyai rencana ke sana. Jadi step by step, rencana itu pasti ada,” ujar Direktur Utama PT Indomobil Sukses International Tbk, Jusak Kertowidjojo  di Jakarta saat peluncuran Kia Seltos.

Berita Terkait
hitlog-analytic