Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jangan Kaget, Segini Biaya Perbaikan Mobil Usai Terendam Banjir

Ilustrasi servis mobil Toyota
Sumber :

100kpj – Sejumlah wilayah di DKI Jakarta terendam banjir setelah diguyur hujan lebat di awal tahun. Pemukiman, jalan raya, hingga beberapa kendaraan tenggelam karena genangan air yang tinggi. Bahkan mobil-mobil juga ikut hanyut terbawa arus.

Bagi mobil yang terendam banjir hingga kondisinya mati, tentu biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan cukup merogoh kocek. Terkecuali mobil tersebut hanya sekadar menerobos banjir, namun kondisinya tetap hidup. Tapi soal biaya balik lagi tergantung dari kebijakan bengkel dan merek mobil tersebut.

Service Advisor Honda Pondok Indah Ali mengatakan, biaya perbaikan tergantung dari kasusnya, kalau mobil mati karena terendam banjir ongkos yang dibutuhkan lumayan besar karena banyak komponen yang diganti. Berbeda dengan mobil yang tetap hidup saat melibas banjir di jalan yang biayanya lebih kompetiitif.

Mobil melintasi banjir
 

“Kalau banjir yang dilewati sebatas ban, mesin masih hidup. Tapi ada beberapa komponen yang harus diperiksa, diantaranya klaher roda, sensor oksigen knalpot,” ujarnya kepada 100KPJ, Kamis 2 Desember 2019.

Lebih lanjut dia menjelaskan, untuk banjir yang hanya sebatas ban pemeriksaan yang dilakukan fokus pada kaki-kaki. Seperti klaher roda, rem depan belakang baik itu kaliper atau tromol harus dibersihkan karena ada kotoran masuk. 

“Kalau genangan air yang dilewati sampai setinggi kap mesin, mobil bisa mati di tengah jalan karena air masuk ke ruang pembakaran. Biaya perbaikannya sama dengan mobil yang sedang terparkir terendam air,” tuturnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic