Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Catat, Ini Kerusakan Yang Mengintai Motor Injeksi Jika Trabas Banjir

NMAX Eks Banjir
Sumber :

100kpj – Hujan lebat mengguyur beberapa wilayah Jabodetabek sejak sore, Senin 21 September 2020. Khusus area Jakarta Badan Nasonal Penanggulangan Bencana (BNPB) telah merilis peringatan dini banjir di bantaran Kali Ciliwung.

Hal itu disebabkan air yang meningkat drastis di Bendungan Katulampa, Bogor, Jawa Barat hingga berstatus siaga 1. Diketahui, ketinggian air di bendungan tersebut sempat mencapai 240 centimeter pada pukul 18.00 WIB.

Hujan yang tak kunjung berhenti hingga malam hari telah membuat beberapa ruas jalan di Ibu Kota digenangi air. Salah satunya di kolong jembatan, Dukuh Atas, Setiabudi pada pukul 19.30 WIB dengan ketinggian air 25 centimeter.

Yamaha NMAX Banjir

Kemudian beberapa wilayah lainnya, menurut pantauan 100KPJ di daerah Cipadu, Tangerang juga digenangi air cukup tinggi. Beberapa kendaraan, seperti sepeda motor masih bisa berjalan dengan menerabas genangan tersebut.

Padahal ada resiko yang perlu ditanggung pemilik jika melewati banjir. Terutama untuk motor yang sudah mengadopsi sistem pengabutan injeksi, karena ada beberapa komponen yang bisa berpotensi mengalami kerusakan.

Technical Service Division PT Astra Honda Motor, Endro Sutarno mengatakan, pada prinsipnya sistem injeksi dibuat pabrikan lebih aman ketimbang karburator. Jika genangan air yang dilewati tidak tinggi masih aman, terutama motor bergerak.

Berita Terkait
hitlog-analytic