Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Cuma Rp27 Jutaan, Mobil Ini Sudah Pakai Mesin Turbo

Daihatsu Charade Turbo
Sumber :

100kpj – Untuk mengurangi konsumsi bahan bakar, namun tetap menjaga performa, beberapa pabrikan mobil memilih untuk memasang peranti turbocharger pada mobil produksinya. Salah satu merek yang belakangan gencar melakukan hal itu, yakni Honda.

Turbocharge itu diterapkan dari sedan Civic hingga sport utility vehicle CR-V, dibekali dengan pemampat campuran udara dan bahan bakar itu. Keuntungannya dengan hal itu, Honda jadi bisa memasang mesin dengan kapasitas yang lebih kecil, yakni 1.500cc.

Namun sebenarnya, langkah tersebut sudah diterapkan sejak lama oleh Daihatsu di Indonesia dan sudah cukup lama. Salah satu model andalan mereka yang tenar di era 1980-an, yakni Charade hadir dalam varian Turbo.

Kala itu, Daihatsu bahkan memasang turbocharger pada mesin yang hanya berkapasitas 1.000cc. Tenaga yang dihasilkan, mencapai 68 daya kuda untuk pasar luar Jepang, sementara versi Negeri Matahari Terbit tenaganya 80 daya kuda.

Mobil Turbo

Baca Juga:
Kehabisan Listrik, Mobil Tesla Polisi Mogok Saat Kejar Penjahat

Buatan Indonesia, Jangan Kaget Dengar Harga Yamaha XSR 155 di Vietnam

4 Motor Paling 'Sakti' Gaet Cewek Cantik di Malam Tahun Baru

Charade Turbo pertama kali masuk ke Indonesia pada 1986, dan hadir dengan beberapa ubahan untuk meningkatkan kestabilan. Suspensi dibuat sedikit lebih keras, namun tidak dibutuhkan pendingin tambahan karena ukuran turbo yang dipasang hanya kecil.

Berdasarkan penelusuran VIVA.co.id di laman jual beli kendaraan bekas, Selasa 31 Desember 2019, tidak banyak yang menawarkan Charade Turbo. Kondisinya juga 80-85 persen, dan ada karat di beberapa bagian bodi.

Hal itu terbilang wajar, mengingat usia mobil yang sudah mencapai lebih dari 30 tahun. Meski demikian, para pemilik memastikan kondisi mesinnya prima. Harga yang diminta cukup terjangkau, yakni Rp27 juta.

Selain Charade, Fiat juga pernah menghadirkan mobil mungil bermesin turbo, yaitu Uno. Hadir dalam jumlah terbatas di Indonesia, kendaraan lansiran 1994 ini sangat sulit ditemui di pasar kendaraan bekas. Harganya juga semau pemilik, bisa mencapai Rp50 juta hingga Rp60 juta.

Berita Terkait
hitlog-analytic