Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

20 Merek Mobil yang Paling Diburu Orang RI Menjelang Lebaran

Pameran IIMS

100kpj – Memasuki Ramadan daya beli masyarakat meningkat, pun permintaan mobil jika dibandingkan bulan sebelumnya. Hal serupa terjadi di tahun ini, ada 20 merek mobil paling diburu orang Indonesia menjelang lebaran.

Namun dari puluhan merek tersebut, bukan hanya disumbang dari mobil jenis penumpang, melainkan komersial. Seperti yang terlihat dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, atau Gaikindo.

Baca juga: Sebelum BYD dan GWM Masuk, Ini Daftar Mobil China Paling Laris di Awal 2024

Tercatat penjualan mobil baru dari diler ke konsumen sepanjang Januari-Maret 2024 hanya 230.776 unit, artinya merosot sekitar 15 persen dari 2023, yang masih terjual 271.423 unit. Lalu gimana angka per bulannya?

Penjualan mobil baru dari diler ke konsumen di Februari 2024 hanya 70.316 unit, dan meningkat menjadi 82.092 unit saat memasuki Maret, karena bertepatan dengan momen bulan Ramadan, atau menjelang lebaran.

Tapi pencapaian tersebut tetap lebih rendah dari tahun sebelumnya, di mana pergantian bulan terjadi bukan saat Ramadan. Februari tahun lalu penjualan mobil secara retail masih 84.029 unit, dan Maret 96.502 unit.

Menurut keterangan dari beberapa petinggi produsen mobil, ada beberapa faktor yang masih berdampak pada penurunan penjualan mobil baru di tahun ini, diantaranya pemilu, serta ketatnya lembaga pembiayaan.

Berita Terkait
hitlog-analytic