Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Semarang Terpilih Jadi Kota Paling Aman Berkendara di Indonesia

Semarang
Sumber :

100kpj – PT Asuransi Adira Dinamika Tbk atau Adira Indurance kembali mengadakan ajang Indonesia Road Safety Awards (IRSA) untuk kedelapan kalinya. Pada gelaran kali ini, ibu kota Jawa Tengah, Semarang, memenangkan kategori Excelent City, mengungguli dua kandidat lain, yakni Bangka dan Tangerang.

Dalam penilaiannya, Excelent City atau Kota Terbaik merujuk pada lima pilar penilaian, yakni Manajemen Keselamatan, Jalan yang Berkeselamatan, Kendaraan yang Berkeselamatan, Perilaku Pengguna Jalan yang Berkeselamatan, dan Penanganan Pra-Pasca Kecelakaan. Dari kelima pilar itu, Semarang unggul di tiga poin penilaian. 

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang, Endro Martanto dalam beberapa tahun terakhir, Semarang memang sedang fokus menata infrastruktur dan menerapkan program keselamatan berkendara. Harapannya, pada beberapa tahun mendatang, kota yang dikenal lewat kulinernya itu bisa mewujudkan misi zero accident

"Sebenarnya penghargaan ini merupakan tanggung jawab buat kita. Ke depannya Semarang bakal lebih fokus terkait hal ini (keselamatan berkendara), dan bisa mewujudkan misi zero accident (nol kecelakaan) pada beberapa tahun ke depan," ujar Endro di bilangan Jakarta Pusat, Selasa 17 Desember 2019.

Semarang

Berdasarkan data yang dihimpun Adira, Semarang berhasil mencatatkan penurunan terkait jumlah kecelakaan sepanjang tahun. Pada 2017, total ada 211 korban jiwa di jalan raya, sedang 2018 turun menjadi 185 korban jiwa. 

Berita Terkait
hitlog-analytic