Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Gubernur DKI Bebaskan BBN Mobil Listrik, Harga Tesla Turun Rp270 juta

Anies Baswedan komunitas Tesla Club Indonesia
Sumber :

100kpj – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendorong agar kendaran listrik bisa mendapatkan isentif, tujuannya untuk menciptakan udara lebih bersih. Salah satu yang sedang diwacanakan adalah membebaskan pajak Bea Balik Nama Kendaraan (BBN-KB).

Dengan begitu harga mobil atau motor listrik akan lebih murah. Otomatis masyarakat khususnya yang tinggal di Ibu Kota lebih tertarik membeli kendaraan tanpa emisi, ketimbang kendaraan yang masih mengandalkan mesin pembakaran.

“Kami akan mendorong lebih banyak lagi kendaraan bermotor dengan basis listrik. Bagian kami adalah menyediakan isentifnya, karena itu BBN-KB insyallah tahun depan di nol kan, Januari,” ujar Gubernur DKI, Anies Baswedan di Jakarta, Jumat 13 Desember 2019.

Konvoi mobil listrik menuju Formula E Jakarta

Selain BBN-KB yang dibuat nol persen, Pemprov DKI juga akan memberikan potongan harga untuk pajak kendaraan bermotor atau PKB yang bertenaga listrik. Anies menyebut jika semua isentif ditreapkan penggunaan kendaraan listrik bertambah. 

“Kemudian pajak kendaraan bermotornya kita diskon 50 persen. Jadi dengan begitu kita berharap motor listriknya pun akan bisa lebih banyak di Jakarta. Isentif ini kita berikan agar indsutrinya tumbuh, demandnya meningkat,” tutur mantan Menteri Pendidikan tersebut.

Lebih lanjut Anies menjelaskan, salah satu keuntungan memiliki kendaraan pelahap seterum yang sudah diterapkan di DKI Jakarta adalah bebas ganjil genap. Artinya pengguna sudah tidak respot lagi mencari jalan pintas atau rute alternative saat ganjil genap. 

Berita Terkait
hitlog-analytic