Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jokowi yang Datang Tahun Depan

Mercedes-Benz S600 Guard yang akan dipakai Jokowi.
Sumber :

100kpj – Kementerian Sekretariat Negara sedang menyiapkan mobil dinas baru untuk presiden Joko Widodo. Kendaraan dinas yang akan menemani Jokowi tidak berubah, yakni mobil Mercedes-Benz S600 Guard.

Proses pemesanan mobil dinas baru itu sudah berlangsung. Saat ini, Mercedes-Benz sudah menyiapkan mobil dinas yang akan menemani aktivitas Jokowi.

Menjadi mobil presiden tentu sedikit berbeda dari kendaraan yang diproduksi massal. Sebab, Mercedes-Benz S600 Guard tersebut harus dilengkapi dengan sistem keamanan tinggi, dan mampu menahan serangan peluru.

Tak heran, jika sedan mewah tersebut dipesan secara khusus, dan membutuhkan waktu kurang lebih enam bulan untuk proses produksinya.

Mercedes-Benz S600 Pullman Maybach Guard


Deputy Director Sales Operation and Porduct Management Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Karyanto Hardjosoemarto mengatakan, mobil dinas baru Jokowi sudah masuk tahap finalisasi dari pabriknya di Jerman.

"Jika tidak ada halangan, akhir bulan ini sudah bisa di bawa ke sini," ujarnya dalam acara peluncuran Mercedes-Benz GLC dan GLE di pabrik Daimler di Wanaherang, Bogor, Selasa 10 Desember 2019.

Saat ini, kata Kary, pihaknya sedang mengatur jadwal kedatangan Mercedes-Benz S600 Pullman Guard, bersama dengan Sekretariat Negara. Sehingga, mobil tersebut bisa menemani tugas kenegaraan.

"Harusnya, tidak lama lagi Presiden sudah bisa menggunakan kendaraan baru," tuturnya.

Mercedes-Benz S 600 Guard dipilih berdasarkan pertimbangan teknis antara lain faktor keamanan, keandalan dan efisiensi biaya pemeliharaan yang semakian mahal karena usia pemakaian.

Sebab mobil yang ada saat ini merupakan warisan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan tahun pembuatan 2008 dan 2009. Mobil tersebut bahkan dikabarkan sudah sering rusak hingga mogok.

Mercedes-Maybach S600 Guard mengusung mesin V12 berkubikasi 6000cc. Tenaga yang dihasilkan mencapai 530 tk dengan torsi 830 Nm. Kecepatan maksimal mampu mencapai 160 kpj.

Namun kecepatan ini masih dibatasi secara elektronik. Sisi kenyamanan didukung suspensi udara AIRMATIC, Anti Slip Regulation (ASR) serta Electronic Stability Program (ESP).

Sebagai perlindungan ekstra, tersedia ban run-flat atau yang tetap bisa dipakai meski kempis hingga jarak sejauh 30,5 km.

Berita Terkait
hitlog-analytic