Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Warna Mobil Pengaruhi Risiko Kecelakaan di Jalan, Kok Bisa?

Ilustrasi Mobil Hancur
Sumber :

100kpj – Sebelum membeli mobil, calon konsumen biasanya membuat pertimbangan melalui berbagai hal. Bukan hanya fitur dan harga, melainkan juga tampilan. Salah satunya, warna kendaraan.

Menariknya, pemilihan mobil berdasarkan pertimbangan warna bukan hanya soal minat dan selera saja. Sebab belum lama ini, sebuah studi yang dilakukan Monash University Accident Research Centre atau MUARC, Australia, menyatakan warna ternyata bisa pengaruhi risiko kecelakaan di jalan raya.

Dilansir dari Autoevolution, Senin 18 November 2019, MUARC mengambil sampel dari seluruh korban kecelakaan di jalan raya, memisahkannya ke dalam kategori warna, kemudian menghitung seluruhnya dengan skema persentase. Hasilnya, mobil berkelir hitam lebih berpotensi alami tabrakan dibandingkan warna mobil lainnya.

Di antara warna lain, hitam memang paling gelap dan sulit terlihat. Pada siang hari, mobil hitam berpotensi 12 persen mengalami kecelakaan, namun angkanya melesat hingga 47 persen saat memasuki waktu senja dan juga malam hari.

Selain hitam, perak atau silver menjadi salah satu penyumbang kecelakaan tertinggi di jalan raya. Warna itu punya risiko kecelakaan sebesar 10 persen, dan meningkat jadi 11 persen bila tune-nya agak sedikit gelap atau cenderung abu-abu.

Berita Terkait
hitlog-analytic