Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ban Mobil Pertama Berwarna Putih, Lalu Mengapa Sekarang Hitam?

Ban Mobil
Sumber :

100kpj – Setiap mobil pasti dilengkapi komponen gerak bernama ban. Biasanya—bahkan hampir semua—karet bundar itu menganut warna gelap seperti hitam atau abu-abu tua. Mungkin sebagian kalangan tak mempedulikan hal tersebut. Namun faktanya, ban mobil yang pertama diciptakan bukan berwarna hitam, melainkan putih.

Dilansir dari Jalopnik, Selasa 5 November 2019, perkembangan teknologi ban sudah mengalami metamorfosis panjang sejak Ford Model T pertama kali dilahirkan pada tahun 1908.

Ban modern tidak hanya memiliki perbedaan ukuran, senyawa, dan struktur secara keseluruhan, tapi juga memiliki perbedaan warna. Pada awalnya, warna ban berwarna putih dan mulai menjadi hitam pada saat Perang Dunia I. Lantas, mengapa harus ada perubahan warna tersebut?

Sebenarnya, putih merupakan warna alami karet. Pada masa itu, pembuat ban tak begitu memedulikan tampilannya. Sampai akhirnya, komponen tersebut ditambahkan karbon hitam supaya lapisan terluarnya menjadi lebih kuat dan tak gampang aus.

"Ban mobil pertama memiliki warna yang lebih terang karena warna alami karet. Karbon hitam ditambahkan ke senyawa karet sekitar tahun 1917 dan menghasilkan peningkatan ketahanan aus sepuluh kali lipat," ungkap salah seorang perwakilan perusahaan Ford.

Berita Terkait
hitlog-analytic