Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tidur di Mobil dengan AC Menyala Bisa Sebabkan Kematian?

Ilustrasi Tidur di Mobil
Sumber :

100kpj – Bagi pengemudi yang melakukan perjalanan jauh, tidur di dalam mobil merupakan hal yang umum dilakukan. Selain praktis, cara itu juga dipercaya lebih menghemat biaya ketimbang harus menyewa kamar hotel.

Ketika tidur, biasanya sang pemilik kendaraan tetap menyalakan pendingin kabin atau AC, agar tidurnya lebih nyenyak tidak kepanasan. Padahal, kebiasaan tersebut sangat berbahaya dan bisa memicu kematian.

Faktanya, sudah banyak kejadian orang meninggal saat sedang terlelap di dalam mobil yang AC-nya menyala. Lantas, mengapa hal itu bisa terjadi?

Babu Shershad dari First Medical Center di Dubai, Uni Emirate Arab, mengatakan bahwa seandainya ada komponen mekanis di mobil yang mengalami kerusakan, seperti kebocoran gas buang, lalu terhisap pemilik yang sedang tertidur, maka tanpa sadar sistem pernafasan akan terganggu, sehingga tubuh seketika lemas dan berujung kematian.

“Saat AC menyala, berarti mesin dihidupkan. Hal utama yang harus diperhatikan adalah akumulasi karbon monoksida (CO) yang dapat disebabkan oleh kebocoran gas buang,” kata Shershad, seperti dikutip Gulfnews, Rabu 25 September 2019.

Berita Terkait
hitlog-analytic