Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Nissan Buka Suara soal Penutupan Pabriknya di Indonesia

Pabrik Nissan di Purwakarta
Sumber :
NMI

100kpj – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) sebagai agen pemegang merek mobil Nissan memiliki pabrik produksi di wilayah Purwakarta, Jawa Barat. Pabrik tersebut awalnya dijadikan tempat pembuatan Livina model lawas dan Datsun.

Namun beredar kabar bahwa pabrik mereka tutup, karena sejak Februari 2019 tidak ada mobil Nissan yang diproduksi. Sebab All New Livina yang dirilis pada bulan kedua tahun ini diproduksi di pabrik Mitsubishi, Cikarang.

Hal itu bisa terjadi karena kedua merek asal Jepang tersebut beraliansi, maka di Livina generasi terbaru menggunakan platform Xpander. Nah,terkait rumor penutupan pabrik, Presiden Direktur PT NMI, Isao Sekiguchi angkat bicara.

“Rencana optimasi mencakup mengatur ulang operasi bisnis, rightsizing dan optimasi produksi,” ujar Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia, Isao Sekiguchi kepada 100KPJ, Selasa, 24 September 2019.

Sementara menurut Head of Communication PT NMI, Hana Maharani sebenarnya rumor tersebut bukan berita baru. Karena ada salah persepsi, bahwa pabrik Nissan di Purwakarta saat ini fokus memproduksi semua model Datsun. 

“Pabrik kami dulunya ada fasilitas Nissan dan Datsun, tapi sekarang fokusnya di Datsun. Jadi bukanya ada dua pabrik. Yang terakhir diproduksi Livina, tapi setelah model baru keluar tidak lagi memproduksi,” tuturnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic