Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Antam dan Hong Kong Bikin Baterai EV dan Daur Ulang di RI, Luhut: Pertama di Dunia

Baterai mobil listrik Hyundai
Sumber :

100kpj – Hong Kong menjadi salah satu negara yang jarang disebut dalam proyek pengembangkan kendaraan listrik, atau saham jenis lainnya. Kini negara tersebut tertarik menjalin kerja sama bikin baterai, dan daur ulang di RI.

Melalui perusahaan Hong Kong CBL Limited dengan menggandeng PT Aneka Tambang Tbk (Antam), akan menciptakan baterai mobil listrik dengan memanfaatkan bahan baku nikel yang dimiliki Indonesia saat ini.

Charging station Neta V
 

Kolaborasi tersebut diumumkan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. Menurutnya kerja sama tersebut pertama kali di dunia untuk hilirisasi baterai EV.

Artinya bukan sekadar membuat baterai lalu disalurkan ke sejumlah produsen otomotif di dalam negeri, ataupun di luar negeri, namun kolaborasi tersebut memikirkan hilirisasi dari titik awal bahan baku, hingga daur ulang. 

“Ini menjadi yang pertama di dunia, mencakup tahapan dari tambang nikel hingga giga factory baterai cell dan pack, serta daur ulang,” ujar Luhut dikutip Antaranews, Jumat 29 Desember 2023. 

Oleh sebab itu kolaborasi kedua negara itu menjawab pertanyaan global soal mengenai hilirisasi baterai kendaraan listrik, dan nasib akhirnya agar tidak mencemari lingkungan, menurut Luhut masih yang bisa dilakukan di RI.

Berita Terkait
hitlog-analytic