Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mazda Bangun Pabrik di RI Senilai Rp400 Miliar Demi Produksi Mobil Ini

New Mazda CX-3 1.5 Sport

100kpj – Mazda menjadi salah satu brand mobil asal Jepang yang sudah cukup lama hadir di pasar Indonesia, namun mobil-mobil yang mereka pasarkan masih berstatus impor CBU (Completely Built Up) dari beberapa negara.

Memasuki tahun ini, melalui produsen barunya, yaitu PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), beberapa model mobil Mazda akan diproduksi di dalam negeri melalui pabrik barunya yang menelan investasi ratusan miliar rupiah.

“Kami merasa terhormat karena telah diberikan kepercayaan oleh Mazda Motor Corporation, untuk membangun pusat perakitan di Indonesia,” ujar Managing Director PT EMI, Ricky Thio, dikutip dari keterangannya, Kamis 14 Maret 2024.

Dia menjelaskan, investasi untuk pembangunan pabrik perakitan tersebut nilainya sekitar Rp400 miliar, dan akan menempati lokasi Jawa Barat. Model yang akan dirakit diutamakan crossover karena peminatnya yang besar.

“Kami berkomitmen untuk dapat mempertahankan standar kualitas kendaraan Mazda yang dirakit secara lokal bagi pelanggan di Indonesia, agar hadir dengan kualitas yang setara dengan kendaraan yang dirakit di Jepang,” tuturnya.

Terkait crossover kompak yang akan dirakit di pabrik terbarunya tersebut, artinya diduga kuat Mazda CX-3 yang saat ini dibanderol mulai Rp399 juta menjadi produk pertama dengan status CKD (Completely Knock Down).

Secara harga SUV kompak dengan konfigurasi 5-penumpang tersebut berhadapan dengan Honda HR-V, Toyota Yaris Cross, atau Mitsubishi Xforce, meski secara enjin mobil besutan Mazda itu punya dua pilihan.

Berita Terkait
hitlog-analytic