Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Nissan Dikabarkan Tutup Satu Pabriknya di Indonesia

Ilustrasi Logo Nissan
Sumber :

100kpj – Nissan tercatat memiliki dua pabrik di Indonesia. Namun kabar mengejutkan mencuat, setelah Japan Times menyebut kalau salah satu pabrik mereka telah tutup sejak enam bulan lalu.

Salah seorang narasumber media Jepang itu menyebut, produksi mobil Nissan telah dihentikan sejak Februari 2019. Terkait hal ini, PT Nissan Motor Indonesia selaku agen pemgang merek Nissan di Tanah Air masih enggan berkomentar.

“Optimalisasi produksi dan restrukturisasi operasi,” ujar Presiden Direktur PT NMI Isao Sekiguchi dikutip 100KPJ, Selasa 24 September 2019.

Juli 2019, Nissan telah mengumumkan pengurangan pekerja sebanyak 12.500 orang secara global selama tiga tahun ke depan. Termasuk perampingan 6.400 pekerja pada Maret 2020 di delapan negara yang jadi basis produksinya, termasuk Indonesia.

Hal itu dilakukan untuk efisiensi perusahaan. Sebab menurut data asosiasi pada 2018 lalu Nissan cuma memproduksi 3.468 unit. Artinya turun 70 persen dari 2017, dan angka tersebut hanya menyumbang 0,3 persen dari produksi nasional. 

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, mobil Nissan yang terakhir diproduksi adalah Livina dan X-Trail. Kedua mobil penumpang itu diproduksi hanya di awal tahun ini, dan jumlahnya pun tidak terlalu banyak.

Berita Terkait
hitlog-analytic