Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mobil Ini Punya Jarak Tempuh Terjauh di Dunia, 1,2 Miliar Kilometer

Tesla Roadster di stasiun SpaceX
Sumber :

100kpj – Produsen mobil listrik asal Amerika Serikat, Tesla, tak pernah usai dengan inovasi serta kejutan baru. Setahun lalu, tepat di tanggal 6 Februari 2018, sang pemilik perusahaan, Elon Musk, menggagas satu proyek raksasa yakni meluncurkan mobilnya ke luar horizon bumi.

Mobil itu adalah Tesla Roadster. Elon, yang juga pemilik perusahaan penerbangan antariksa bernama SpaceX, menggunakan roket Falcon Heavy untuk melontarkan mobil listriknya tersebut ke luar angkasa.

Sontak, kini Roadster merah berpenumpang boneka yang diberi nama Starman itu tengah melayang-layang di atas cakrawala, dan terus melaju di kecepatan 82.263 kilometer per jam. Lebih kencang dari pesawat tempur yang pernah dibuat manusia.

Tesla Roadster di Luar Angkasa

Dilansir dari laman Whereisroadster, seperti dikutip Senin 2 September 2019, mobil tersebut telah menempuh perjalanan 1,2 miliar kilometer sejak pertama kali diluncurkan.

Bila diakumulasikan dalam satuan jarak di bumi, Roadster itu telah melalui 34,9 kali perjalanan melintasi semua jalan yang ada di muka bumi. Hal tesebut mengukuhkannya, sebagai mobil dengan daya jelajah terjauh sepanjang masa.

Selain itu, dengan jarak tempuh yang sama, seandainya Roadster digunakan melaju di daratan dengan bahan bakar bensin, maka mobil tersebut telah menghabiskan 126 ribu galon bahan bakar. Bisa dibayangkan, berapa kiranya biaya yang perlu dikeluarkan?

Berita Terkait
hitlog-analytic