Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

KPK Sebut Mentan Syahrul Yasin Limpo Korupsi Untuk Bayar Cicilan Alphard

Mobil Toyota Alphard yang diduga angku Mentan Syahrul Yasin Limpo
Sumber :

100kpj – KPK menetapkan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo tersangka kasus korupsi di Kementerian Pertanian. Bahkan salah satu uang korupsinya dipakai bayar cicilan mobil pribadi, yaitu Toyota Alphard.

“Penggunaan uang oleh SYL yang juga diketahui KS, dan MH antara lain untuk pembayaran cicilan kartu kredit dan cicilan pembelian mobil Alphard milik SYL,” ujar Wakil Ketua KPK Johanis Tanak kepada wartawan, dikutip, Kamis 12 Oktober 2023.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo

Menurutnya mantan Mentan tersebut membuat kebijakan di internal Kementan untuk kepentingan pribadinya, yang melibatkan Sekjen Kementan Kasdi Subagyono (KS), dan Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan, Muhammad Hatta (MH).

Tidak dijelaskan secara lengkap Alphard yang dimaksud, namun Syahrul Yasin Limpo sempat menggunakan MPV mewah tersebut saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta setelah hilang kabar saat kunjungan kerja di Eropa.

Melihat dari desain eksteriornya, Alphard yang ditumpangi Mentan Syahrul Yasin Limpo itu adalah versi lawas, atau lansiran 2017-2018. MPV dengan pintu geser elektrik itu kerap menjadi kendaraan para selebritis, dan pengusaha.

Artinya berbeda dengan Alphard yang dicantumkan dalam laporan harta kekayaannya kepada negara. Berdasarkan data LHKPN, mobil sejenis yang dia miliki adalah buatan 2004 yang nilainya ditaksir Rp350 juta.

Berita Terkait
hitlog-analytic