Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Menanti Pertamax Dikasih Subsidi Demi Kurangi Polusi Udara di Jakarta

SPBU Pertamina
Sumber :

100kpj – Demi mengurangi polusi udara Jakarta, salah satu caranya menggunakan bahan bakar minyak, atau BBM berkualitas, atau memiliki oktan tinggi agar pembakaran sempurna, dan emisi yang dihasilkan minim.

Untuk mendorong masyarakat agar kendaraannya menggunakan BBM berkualitas, pemerintah berencana memberikan subsidi untuk RON 92, dan membatasi penggunaan Pertalite RON 90, hingga menggantinya.

Namun setelah rapat terbatas oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, terkait polusi udara di Jabodetabek, Menteri Energi, dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif membantah tidak ada rencana Pertamax diberikan subsidi untuk menekan polusi.

“Tidak ada wacana itu, yang karang siapa? Kan engak ada subsidi pertamax, sudah dibilangin,” ujarnya kepada wartawan di Istana Negara, dikutip Rabu 30 Agustus 2023.

Padahal sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kementerian ESD,, Dadan Kusdiana menyebut, ada rencana Pertamax diberikan subsidi agar masyarakat beralih menggunakan BBM dengan kandungan oktan tinggi untuk tekan emisi.

“Itu termasuk yang sedang dibahas (Pertamax subsidi),” ujar Dadan.

Karena menurutnya BBM dengan oktan rendah misalnya Pertalite (RON 90) akan menyumbang emisi lebih besar, sehingga dibutuhkan oktan lebih tinggi agar mereduksi emisi gas buang dari kendaraan bermotor.

Berita Terkait
hitlog-analytic