Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Dapat Diskon dari Pemerintah Harga Toyota Raize Jadi Lebih Murah

Test Drive Toyota Raize
Sumber :

100kpj – Diskon PPnBM, atau pajak penjualan atas barang mewah yang diberikan pemerintah sejak 2021 terbukti ampuh mendongkrak penjualan mobil baru, yang empat merosot tajam di awal pandemi covid-19 pada 2020 lalu.

Oleh sebab itu pemerintah kembali memperpanjang isentif PPnBM untuk mobil baru, mulai Februari sampai September 2022. Namun model yang mendapatkan diskon pajak tersebut berbeda dibandingkan tahun lalu.

Tahun ini jumlahnya lebih sedikit, seperti yang tertuang dalam Keputusan Menteri Perindustrian nomor 852 tahun 2022. Mobil-mobil baru yang berhak menerima isentif mengandung pembelian komponen lokal di atas 80 persen.

Terbagi menjadi dua jenis, yakni memiliki kapasitas mesin sampai dengan 1.500cc dengan harga jual sebelumnya dipasaran Rp200-250 juta, dan kendaraan yang masuk dalam kategori LCGC, atau Low Cost Green Car.

Melakui Peraturan Menteri Keuangan atau PMK nomor 5 tahun 2022, mobil dengan kapasitas mesin sampai 1.500cc untuk kuartal pertama hanya diganjar diskon 50 persen, sehingga tariff yang dibebankan konsumen hanya 7,5 persen.

Sementara saat memasuki kuartal kedua dan ketiga, konsumen kembali menanggung beban biaya PPnBM sebesar 15 persen. 

Sesuai dengan regulasi tersebut, ada beberapa mobil Toyota yang menikmati isentif tersebut diantaranya Toyota Raize. Namun tidak semua tipe masuk dalam daftar yang menerima potongan pajak barang mewah tersebut.

Berita Terkait
hitlog-analytic