Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Korea Klaim Telah Kembangkan Mobil Otonom Jauh Sebelum Tesla

Mobil Otonom Korea Tahun 1993. Foto: Youtube.
Sumber :

100kpj – Profesor dari Korea University, Han Ming-hong mengaku telah mengembangkan mobil otonom sejak 28 tahun lalu, atau jauh sebelum Tesla berdiri. Kala itu, Prof Han dan sejumlah mahasiswanya membangun kendaraan tanpa awak menggunakan teknologi yang terbilang sederhana.

Disitat dari Channel News Asia (CSA), saat mobil otonom tersebut dikembangkan, sistem kecerdasan buatan (AI), radar, kamera, dan sensor memang belum terlalu canggih seperti sekarang. Namun demikian, bukan berarti hasil kerja Prof Han gagal atau tak berfungsi dengan baik.

Baca juga: Harganya Mahal, Mengapa Tesla Diburu dan Diminati Banyak Konsumen?

Mobil Otonom Korea Tahun 1993. Foto: Youtube.

Berbekal kamera dan chip tercanggih di zamannya, Prof Han nyatanya berhasil membuat mobil melaju tanpa pengemudi. Dia bahkan pernah menguji hasil temuannya tersebut sejauh 300 kilometer tanpa mengalami masalah.

Namun, sayangnya, pengembangan mobil otonom tersebut mendadak dihentikan. Sebab, pemerintah setempat yang sebelumnya mendukung proyek Prof Han mengaku ingin mengalihkan fokusnya ke industri berat lain. Lagipula, menurut mereka, teknologi itu dinilai terlalu berbahaya dan menyimpan banyak risiko.

Kendati demikian, apa yang telah dikerjakan Prof Han dan mahasiswanya layak mendapat apresiasi. Sebab, saat perusahaan lain tengah mengembangkan teknologi konvensional, pihaknya justru sudah melangkah sejauh itu.

Berita Terkait
hitlog-analytic