Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mudik Lebaran 2021 Dilarang, Tapi Jalan Tol Masih Tetap Beroperasi

Tarif Jalan Tol JORR
Sumber :

100kpj – Libur panjang jelang lebaran kerap dimanfaatkan masyarakat perkotaan untuk pulang ke kampung halaman, alias mudik. Hal itu sudah menjadi tradisi turun menurun, terutama bagi mereka yang merantau ke Ibu Kota.

Berbagai alat transportasi dimanfaatkan demi menuju tempat kelahiran. Seperti kereta api, bus, kapal laut, pesawat, hingga kendaraan pribadi layiknya motor, dan mobil. Namun di tahun ini pemerintah mengeluarkan larangan mudik.

Baca juga: Menhub: Tidak Ada Larangan Mudik Lebaran Tahun Ini, Tapi..

Tol Jakarta-Cikampek macet contraflow

Keputusan itu sesuai hasil koordinasi satgas penanganan covid-19, kementrian/lembaga terkait, TNI/Polri, dan pemerintah daerah. Kementerian Perhubungan akan menjaga ketat pergerakan moda transportasi di masa mudik lebaran 2021.

“Dalam pengaturan, dan pengawasan di lapangan, kami berkoordinas intens dengan Polri,” ujar Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati dalam keterangan resminya mengutip Viva.co.id, Jumat 26 Maret 2021.

Menurutnya, pengawasan ketat itu diterapkan melalui operator transportasi umum, atau calon penumpang. Kemenhub telah merilis Surat Edaran tentang protokol kesehatan dari keberangkatan, perjalanan, dan kedatangan.

Berita Terkait
hitlog-analytic