Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Sering Terjadi Kecelakaan, Polisi Bakal Larang Pemudik Naik Motor?

Mudik naik motor.
Sumber :

100kpj –  Korlantras Polri Irjen Aan Suhanan, mengungkapkan bahwa sepeda motor mendominasi kecelakaan lalu lintas saat mudik lebaran. Maka itu, dirinya menghimbau agar masyarakat tak mudik dengan mengendarai motor.

Aan menyebut tingkat kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor saat arus mudik tahun lalu. Dia mengatakan 74 persen sepeda motor menjadi korban atau terlibat kecelakaan lalu lintas.

“Untuk sepeda motor, itu kita tidak melarang, artinya tidak melarang, tapi mengimbau,” kata Aan di situs Humas Polri, Rabu 6 Maret 2024.

Pemudik sepeda motor

“Dengan data tersebut, sebaiknya teman-teman masyarakat Indonesia yang akan mudik itu tidak menggunakan sepeda motor karena sangat potensial terjadi kecelakaan lalu lintas,” tambahnya.

Menurut mantan Dirgakkum Korlantas Polri ini, banyak program mudik gratis yang diselenggarakan pemerintah dalam rangka mengurangi penggunaan sepeda motor. Namun dia meminta masyarakat yang tetap ingin mudik menggunakan sepeda motor agar memperhatikan sejumlah hal terkait keselamatan.

“Yang pertama, pastikan sepeda motor itu sehat. Yang kedua, manusianya juga sehat. Yang ketiga, perlengkapan, helm, kemudian sepatu, jaket untuk melindungi diri,” jelasnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic