Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Berapa Sih Biayanya Uji Emisi Mobil di Bengkel Resmi?

Uji Emisi
Sumber :

100kpj – Tak lama lagi ada yang perlu diperhatikan bagi para pemilik mobil, dan motor yang tinggal di Ibu Kota. Pasalnya Pemprov DKI Jakarta mewajibkan pengguna kendaraan untuk uji emisi.

Pemilik kendaraan bermotor wajib melakukan uji emisi gas buang berdasarkan Pasal 3 Pergub DKI Jakarta No. 66 Tahun 2020, yang dilakukan paling sedikit satu kali dalam satu tahun.

Sehingga nantinya selain membayar pajak, pemilik kendaraan bermotor harus rutin melakukan pemeriksaan emisi gas buang untuk mobil maupun sepeda motor. Nantinya akan ada denda tilang oleh pihak kepolisian. Bahkan, sanksi yang akan diberikan sampai Rp 250 ribu untuk motor, dan mobil Rp 500 ribu. 

Nah untuk sosialisasi, dalam beberapa hari kedepan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup menggelar uji emisi gratis. Lokasinya akan ada di beberapa wilayah di Jakarta dengan waktu yang berbeda.

Uji Emisi

Nah, bagi pemilik mobil yang ingin uji emisi secara mandiri, uji emisi bisa dilakukan di bengkel salah satunya melalui layananan yang diberikan bengkel resmi mobil Toyota, Auto2000.

CSD&Marcomm Head PT. Astra International - TSO Auto2000, Cahaya Fitri Tantriani mengatakan, untuk melakukan uji emisi diperlukan alat khusus dan mekanik yang mengerjakan pun harus memenuhi persyaratan sesuai ketetapan aturan pemerintah.

Berita Terkait
hitlog-analytic