Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Gara-gara Ini Ekspor Mobil Toyota Buatan Indonesia Berhenti di Tengah Jalan

Toyota Yaris Cross ekspor
Sumber :

100kpj – Mobil Toyota dan Daihatsu tersandung isu keselematan secara global, sejak diumumkan beberapa hari lalu oleh pihak principal ada beberapa mobil buatan Indonesia yang masuk dalam daftar skandal tersebut.

Mobil-mobil tersebut diprpduksi oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indoneisa (TMMIN), dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Tercatat ada 7 model tercantum, namun dengan status masih diproduksi.

Toyota Yaris Cross mulai masuk Thailand

Ketujuh model tersebut adalah All New Toyota Avanza, All New Veloz, Yaris Cross yang diproduksi TMMIN, dan All New Daihatsu Xenia, Raize, Rush, dan Agya yang diproduksi ADM.

Berbeda dengan model-model lain yang harus dihentikan produksinya sementara karena tersandung skandal uji keselamatan, sedangkan mobil Toyota-Daihatsu buatan RI masalahnya pada data hasil uji emisi, dan konsumsi BBM.

Meski begitu sejumlah aktivitas ekspor dihentikan sementara, bahkan yang sudah proses pengiriman ke luar negeri berhenti di tengah jalan. Seperti disampaikan Wakil Presiden Direktur PT TMMIN, Bob Azam.

“Ekspor menunggu, verifikasi dari negara tujuan ekspor. Macam-macam (proses ekspor yang sudah berjalan sekarang) tapi ada penagguhan sementara, dan shiping yang baru juga sudah di tahan,” ujar Bob kepada 100kpj, Selasa 26 Desember 2023. 

Berita Terkait
hitlog-analytic