Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Belum Pasti Aman, Ternyata Fitur Keyless di Motor Bisa Diretas Maling

Fitur keyless sepeda motor

100kpj – Teknologi yang saat ini populer di motor-motor keluaran baru adalah keyless alias sistem pengoperasian sepeda motor yang mengganti fungsi anak kunci dengan remote. Lalu apakah, kunci dengan sistem ini membuat motor aman dari pencuri?

Awalnya, fitur ini diterapkan pada motor-motor kelas atas atau premium. Namun, belakangan beberapa motor matik kelas menengah di Indonesia mulai melengkapi fitur keyless guna daya tarik bagi konsumen.

Baca Juga:
Video Polisi Kejar Begal, Ditembak-tembak Enggak Jatuh dari Motor

Seksinya Wika Salim Naik Moge Malah Kena Bully Netizen, Kok Bisa?

Bicara soal sejarahnya, sistem keyless ini pertama kali diterapkan pada kendaraan Renault Fuego pada 1982. Pada masanya, fitur tersebut hanya untuk membuka pintu saja, belum menyalakan mesin juga.

Seperti dilansir dari Driving, teknologi ini kemudian disempurnakan oleh Mercedes-Benz pada 1998 dan diterapkan pada tipe termewahnya S-Class W220. Lalu, keyless pun berkembang juga ke sepeda motor hingga sekarang.

Keyless

Di Indonesia teknologi ini pertama kali dibawa oleh Yamaha Aerox 155 VVA lewat teknologi yang mereka beri nama Smart Key System pada 2016. Nah, kemudian apakah sistem cukup aman dari para pencuri yang biasa menggunakan kunci T atau yang lainnya?

Berita Terkait
hitlog-analytic