Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Biar Enggak Tabrakan, Ini Penyebab dan Cara Atasi Rem Blong pada Mobil

Rem blong
Sumber :

100kpj – Setiap kendaraan pasti dibekali perangkat keamanan bernama rem, tak terkecuali mobil. Fungsinya, untuk memperlambat kecepatan atau menghentikan gerak roda saat sedang berputar.

Namun, seiring lamanya pemakaian, komponen tersebut berpotensi alami kerusakan. Salah satunya blong, atau berkurangnya daya gesek antara kampas dan juga cakram rem. Lantas, apa saja sih penyebab rem menjadi blong?

Baca juga: Biar Selamat di Jalan, Begini Teknik Ngerem Mendadak Anti Ngesot

Dilansir dari laman resmi Suzuki, Senin 2 Maret 2020, sumber masalah rem blong ada beberapa faktor, mulai dari minyak rem yang habis sampai kanvas dan piston rem yang rusak. Umumnya, piston atau kanvas rusak lantaran faktor usia. Nah, untuk mencegahnya, lakukan pemeriksaaan berkala setelah kendaraan menempuh jarak 10 ribu kilometer.

Ilustrasi rem mobil

Faktor lain penyebab rem blong ialah tersumbatnya selang minyak rem. Biasanya, mobil penumpang memakai sistem pengereman dengan tekanan fluida dari minyak rem dalam mekanisme pengereman. Itulah mengapa, kondisi minyak rem dan selang minyak yang berukuran kecil sangat penting untuk selalu dicek.

Selain itu, sering membuka tutup tabung minyak juga bisa menyebabkan rem blong. Sebab, minyak rem bisa terkontaminasi melalui debu atau udara kotor yang masuk ke dalamnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic