Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Biar Selamat di Jalan, Begini Teknik Ngerem Mendadak Anti Ngesot

Jatuh dari Sepeda Motor
Sumber :

100kpj – Saat mengendarai sepeda motor, kita dituntut waspada terhadap kondisi sekitar. Sebab, jika lengah, ada kemungkinan kita keluar jalur atau menabrak obyek lain yang terparkir di sekitar jalan. Itulah mengapa, selain fokus, diperlukan teknik pengereman yang benar agar terhindar dari hal tak diinginkan.

Pasalnya, saat harus melakukan pengereman darurat, kebanyakan orang cenderung panik hingga asal menekan tuas rem. Akibatnya, motor jadi ngesot dan sulit dikendalikan.

Baca juga: Perlu Enggak Sih Ganti Ban Motor saat Musim Hujan?

Dilansir dari laman Suzuki Indonesia, Jumat 21 Februari 2020, agar hal tersebut tidak terjadi, Chief Instructor Safety Riding, Johanes Lucky mengatakan, trik pengereman mendadak harus dikuasai semua pemilik sepeda motor, baik itu yang berukuran kecil maupun besar.

Naik Motor saat Hujan

Caranya mudah, pertama tutup gas dengan cepat, dan tarik rem depan hingga penuh. Dalam jeda sepersekian detik, langsung tekan rem belakang hingga penuh. Dalam kondisi ini, pastikan kondisi motor dan posisi ban sedang lurus, tidak sedang berbelok atau akan menukik.

Inilah alasan kenapa Johanes melarang pengendara membiasakan kedua jari menempel di tuas rem depan saat sedang berkendara. Sebab, saat melakukan pengereman, otomatis rem depan langsung ditekan, sementara tus gas masih menyala. Tentu saja hal itu tidak akan efektif, dan menyebabkan terjadinya kesotan.

Berita Terkait
hitlog-analytic