Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Musim Hujan Tiba, Ini Kekurangan dan Kelebihan Dua Jenis Wiper Mobil

Ilustrasi wiper mobil di musim hujan

100kpj – Wiper mobil menjadi salah satu komponen yang paling vital saat musim hujan. Dengan fungsinya yang dapat menyeka air di kaca depan atau belakang, tentunya sangat membantu pengelihatan pengemudi saat berkendara di tengah hujan.

Di pasaran wiper mobil yang beredar ada dua jenis, yakni blade dan frameless. Biasanya mobil keluaran pabrikan dengan harga di bawah Rp300 juta masih menggunakan wiper jenis blade. Bentuknya seperti tangkai dengan kerangka besi.

Sebab karet pada wiper jenis blade hanya ada di sisi dalam, dan bahannya tipis. Namun untuk mobil kelas premium umumnya menggunakan jenis frameless, di mana semua bagiannya sudah terbuat dari bahan karet dan lebih tebal.

Lantas lebih unggul wiper blade atau frameless saat musim hujan?

Kedua jenis wiper tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan. Model frameless karena semuanya terbuat dari bahan karet, ketika sudah tidak lentur lagi otomatis karetnya mengeras. Dan itu berdampak pada daya sekanya yang berkurang.

Bahkan jika karetnya sudah mengeras ketika komponen tersebut bekerja ada suara dan getaran. Sedangkan model blade meski karetnya sudah tidak lentur daya sekanya masih lebih baik karena masih ada tekanan dari tangkai besi sebagai kerangkanya. 

Berita Terkait
hitlog-analytic