Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Awas Terpeleset, Begini Cara Mengendarai Motor yang Aman di Jalan Basah

Tips berkendara di jalan licin
Sumber :

100kpj - Belakangan ini beberapa wilayah di Indonesia diguyur hujan, kondisi jalan yang basah membuat traksi ban sepeda motor berubah. Terutama kondisi si karet bundar yang sudah tidak memadai.

Dengan begitu pengendara sepeda motor lebih berhati-hati agar tidak terpeleset, atau tergelincir. Mengingat guyuran air hujan bisa membuat beberapa permukaan jalan menjadi lebih licin.

Untuk menjaga traksi, agar ban tetap menapak di aspal dengan sempurna, Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta memberikan tips bagi para pengendara sepeda motor, seperti dikutip dari keterangan resminya, Selasa 31 Januari 2023.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah cek kondisi motor sebelum melakukan perjalanan. Terpenting adalah kondisi ban, dan sistem pengereman. Pastikan alur ban tidak gundul, tekanan angin juga sesuai dengan rekomendasi pabrik.

Ada yang tidak kalah penting dan sering diabaikan pengendara, yaitu tekanan angin pada kedua ban. Tanpa sadar berkendara dengan ban kempis atau terlalu tinggi tekanan angin bisa mengubah traksi. Sebaiknya ikuti rekomendasi pabrikan.

Kemudian teknik berkendara yang tepat. Saat mengendarai motor khususnya di jalan yang licin, sebaiknya posisi tubuh rileks, terutama di bagian tangan dan bahu. Posisikan kaki rapat mendekap tangki motor apabila menggunakan motor sport.

Sedangkan bila menggunakan motor matik atau bebek posisikan kaki rapat di dalam dek motor. Pastikan juga siku tangan sedikit ditekuk sehingga tangan bisa bebas bergerak mengendalikan stang motor.

Berita Terkait
hitlog-analytic