Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pengguna Mobil Wajib Tahu 8 Hal Ini saat Melewati Jalan Contraflow di Libur Nataru

Tol Jakarta-Cikampek macet contraflow
Sumber :

100kpj – Rekayasa lalu lintas diterapkan agar mengurai kemacetan, hal itu kerap dilakukan saat momen tertentu. Seperti halnya selama libur natal, dan tahun baru (nataru) yang diberlakukan di sejumlah Jalan Tol.

Salah satu rekayasa tersebut adalah contraflow dengan memanfaatkan ruas jalan tol yang searah untuk dua arah. Rekayasa itu menutup jalur arah berlawanan, dan mengalihkan kendaraan menuju jalur yang searah.

Tujuan penerapan sistem contraflow untuk mengurangi kepadatan volume kendaraan pada jalur utama kepergian, atau kepulangan. Rekayasa tersebut diterapkan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek sejak kemarin.

Dengan adanya contraflow, kendaraan dari arah yang berlawanan dapat saling bersimpangan di jalur yang sama, artinya berjalan melawan arah. Namun diterapkan pada jam-jam tertentu, lalu apa yang perlu dilakukan pengemudi?

“Kegiatan ini membutuhkan perhatian khusus karena AutoFamily akan berada di lajur milik orang lain. Salah sedikit saja, bisa fatal akibatnya,” ujar Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara dikutip dari keterangannya, Selasa 26 Desember 2023.

Rute contraflow antara KM 47 – KM 87 Jalan Tol Jakarta Cikampek, artinya semua pintu tol antara titik tersebut akan terlewati jika memilih lajur contraflow.

Termasuk interchange menuju Jalan Tol Cipularang tujuan Bandung yang berada di Dawuan KM 67. Selain itu Tol Jagorawi menuju Bogor juga diterapkan hal serupa.

Berita Terkait
hitlog-analytic