Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tips Aman Pakai Roofbox di Mobil saat Pergi Berlibur

Roofbox mobil.
Sumber :

100kpj – Kendati mobil memiliki ruang lega untuk menyimpan sejumlah barang, namun ada sebagian pihak yang memasangkan roofbox atau ruang penyimpanan eksternal di atap kendaraan. Biasanya, aksesori tersebut digunakan pemilik mobil yang gemar bepergian jauh atau berlibur.

Meski sudah menjadi pemandangan umum, akan tetapi masih ada sejumlah kalangan yang bingung mengenai tingkat keamanannya. Benarkah menggunakan roofbox membuat mobil menjadi oleng? Atau, benarkah menggunakan roofbox melanggar aturan lalu lintas mengenai batas dimensi kendaraan?

Baca juga: Jangan Sampai Salah, 5 Hal Yang Wajib Diketahui Pengguna Mobil Diesel

Supervisor Pemasaran Whale Carrier, Dede Ardiansyah mengatakan, roofbox bisa dipasang di hampir semua jenis mobil. Namun, kata dia, para pemilik kendaraan perlu memperhatikan sejumlah aspek keselamatan saat hendak memasang aksesori tambahan tersebut.

"Mereka yang menggunakan roofbox biasanya mencari kenyamanan saat perjalan jauh. Jadi, semua barang bisa ditaruh dalam roofbox sehingga kabin lebih lega dan bersih," ujar Dede, dikutip dari Antara, Jumat 18 Desember 2020.

"Untuk mengatasi keseimbangan kendaraan, kita perlu memilih roofbox dengan aerodinamika yang bagus," sambungnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic