Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jangan Sampai Salah, 5 Hal Yang Wajib Diketahui Pengguna Mobil Diesel

Ilustrasi servis mobil Toyota
Sumber :

100kpj – Hingga kini mobil bermesin diesel masih beredar di Indonesia, mulai dari kondisi baru hingga bekas pakai. Mesin peminum solar memiliki beberapa keunggulan, diantaranya tenaga yang besar hingga efisiensi bahan bakar.

Maka mobil diesel masih digemari, dan sejumlah produsen tetap menjualnya. Toyota diwakili Kijang Innova, Fortuner, hingga Hi-Ace, lalu Mitsubishi memiliki L300, dan Pajero Sport, serta Isuzu dengan MU-X dan jajaran model lainnya.

Agar tidak salah kaprah saat melakukan perawatab, ada beberapa hal penting yang wajib diperhatikan. Terutama pemilihan oli mesin, hingga penggunaan bahan bakar.  

New Toyota Kijang Innova

Chief Executive Toyota Auto2000, Martogi Siahaan mengatakan, ada dua kunci yang wajib diperhatikan saat merawat mesin diesel moderen. Yang pertama kondisi oli, kerja mesin diesel terbilang ekstrim berkat rasio komperesi yang tinggi.

Selain itu, mesin diesel saat ini dilengkapi turbo sehingga ada tekanan sangat tinggi di dalam ruang mesin, maka membutuhkan oli sesuai rekomendasi pabrikan. Kemudian bahan bakar tidak disarankan yang memiliki kualitas rendah.

Menurutnya aplikasi sistem common rail yang menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar, dengan injektor bertekanan ekstra tinggi itu dikontrol secara elektrik. Maka jika ada kotoran di dalam bahan bakar bisa merusak injektor tersebut.

Berita Terkait
hitlog-analytic