Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kencangkan Rantai Motor Jangan Asal, Ada Aturannya Biar Tak Celaka

Rantai Motor
Sumber :

100kpj – Mengencangkan rantai sepeda motor bisa dilakukan sendiri di rumah, tanpa harus ke bengkel. Meski kelihatannya mudah, namun ada sejumlah hal yang mesti diperhatikan. Lantas, apa saja gerangan?

Saat mengendarai motor, kita mungkin pernah merasa tidak nyaman lantaran rantai kendaraan terlalu kendur. Sebab, bisa menimbulkan suara berisik dan tenaga mesin menjadi terasa berkurang.

Baca juga: Tips Nyaman Pemotor Berkacamata Biar Pakai Helm Tak Terasa Mengganjal

rantai motor

Itulah mengapa, pengencangan rantai perlu segera dilakukan. Namun, dalam prosesnya, tak boleh dikerjakan asal. Sebab, seperti yang telah disinggung di awal, saat pengencangan atau pengenduran rantai ada hal yang harus dipertimbangan.

Disitat dari Federal, Sabtu 5 Desember 2020, yang harus dipertimbangkan ialah beban yang akan ditanggung sepeda motor. Seandainya motor sering dipakai untuk berboncengan, khususnya dengan penumpang yang posturnya besar, sangat disarankan untuk tidak menarik rantai terlalu kencang.

Ini disarankan lantaran komponen tersebut berisiko menegang dan akhirnya akan lebih mudah putus. Selalu ingat, dalam pengaturan tarikan rantai, sebaiknya berpatokan pada beban yang sering ditanggung sepeda motor. 

Berita Terkait
hitlog-analytic