Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jangan Kaget, Segini Jumlah Ban yang Dipakai di Balap MotoGP

Ban Michelin MotoGP
Sumber :

100kpj – Michelin menjadi pemasok tunggal ban untuk kelas MotoGP sejak tahun 2016, di kelas para raja tersebut setiap pembalap mendapat jatah 22 ban tipe slick, 10 ban slick untuk depan dan 12 ban untuk belakang.

Seperti yang dilansir dari Speedweek, Michelin harus menyediakan 1400 buah ban, seluruh ban dibagi menurut beberapa kompon mulai soft, medium hingga hard. Jumlah itu belum dihitung dengan wet tire (ban basah) yang digunakan oleh pembalap jika hujan turun.

Memang tidak digunakan semuanya dalam satu musim, makanya setelah balapan, ada sebagian yang kembali ke Eropa. Namun jika sirkuit berikutnya cocok dengan karakter ban akan langsung dikirim ke seri selanjutnya.

Ban Michelin MotoGP

Makanya pemilihan ban adalah topik yang hangat sebelum setiap balapan MotoGP dimulai, karena selain Michelin harus menyediakan seluruh ban tepat waktu agar seluruh bisa mendapat jatah, pembalap dan tim pun harus mematuhi beberapa peraturan yang berlaku tentang penggunaan ban.

Peraturan tersebut adalah maksimal 5 ban dari campuran yang sama dapat digunakan untuk ban depan, maksimal 6 spesifikasi A (level grip tertinggi), maksimal 5 spesifikasi B dan maksimal 4 spesifikasi C untuk ban belakang.

Sementara aturan ban untuk sesi kualifikasi adalah, jika pembalap mengikuti dua sesi yaitu Q1 dan Q2, akan mendapatkan jatah ban depan tambahan sesuai pilihan dengan maksimum 6 campuran depan dan ban belakang spesifikasi A hingga 7 campuran.

Berita Terkait
hitlog-analytic